fbpx

10 Pantangan Yang Harus Di Hindari Pasca Operasi Caesar

10 Pantangan Yang Harus Di Hindari Pasca Operasi Caesar – Hampir setiap ibu hamil berharap bisa melahirkan sang buah hati secara normal. Namun sayangnya, karena kondisi “tertentu” sering kali harapan tersebut tidak terlaksana dengan baik. Alhasil tindakan operasi caesar pun menjadi cara terakhir agar bisa mengeluarkan dan menyelamatkan ibu juga sang bayi yang ada dikandungannya.

10 Pantangan Yang Harus Di Hindari Pasca Operasi Caesar

Ya, Operasi caesar adalah salah satu tindakan medis dimana dokter akan mengeluarkan bayi dengan cara menggunting atau membuat lubang pada kulit perut ibu. Tindakan ini umumnya dilakukan saat kondisi ibu atau bayi mengalami masalah yang tidak memungkinkan untuk melakukan proses kelahiran secara normal.

Berbeda halnya dengan melahirkan secara normal, ibu yang menjalani operasi caesar membutuhkan proses dan waktu pemulihan yang cukup lama. Hal ini bisa di mengerti, mengingat luka bekas tindakan operasi tidaklah mudah.

Berbicara mengenai operasi caesar, ada banyak hal yang harus diperhatian. Terutama pada kondisi sang ibu. Dimana ibu harus menghindari beberapa pantangan pasca operasi caesar.

10 Pantangan Yang Harus Di Hindari Pasca Operasi Caesar

Penting bagi ibu yang telah menjalankan operasi caesar untuk mengetahui apa saja pantangan yang harus dihindari pasca operasi caesar. Hal ini agar luka cepat mengering dan tidak mengalami infeksi. Berikut 10 pantangan yang harus dihindari pasca operasi caesar. Di antaranya :

1. Makanan atau minuman yang berkarbonasi (menghasilkan gas)

Pantangan yang harus dihindari pasca operasi caesar yang pertama adalah dengan menghindari makanan dan minum yang berkarbonasi atau yang menghasilkan gas. Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menghasilkan gas pada saat masuk ke dalam tubuh. Seperti kacang merah tanah, kacang polong, kembang kol, brokoli, bawang dan kubis. Sedangkan pada minuman sprit.

Ibu yang telah menjalankan operasi caesar sebaiknya menghindari makanan dan minuman tersebut setidaknya selama 40 hari ke depan.

2. Makanan atau minuman dingin

Makanan dan minuman dingin juga sebaiknya dihindari dulu oleh ibu yang baru saja melahirkan secara caesar. Selain itu, hindari juga mengkonsumsi minuman beralkohol. Karena hal ini akan mempengaruhi pada ASI dan perkembangan anak.

3. Makanan yang mengandung minyak (digoreng)

Pantangan yang harus dihindari pasca operasi caesar yang selanjutnya adalah dengan menghindari makanan yang mengandung minyak (digoreng). Mengingat ibu telah menjalankan operasi pada bagian perut, dimana bagian tersebut merupakan sistem pusat pencernaan. Maka ada baiknya jika ibu menghindari makanan-makanan yang mengandung minyak, terutama yang digoreng. Hal ini karena makanan-makanan tersebut cenderung sulit untuk dicerna, terlebih pada hari-hari pertama pasca melahirkan.

4. Makanan penyebab sembelit

Sembelit merupakan salah satu kondisi dimana ibu mengalami kesulitan dalam buang air besar. Beberapa makanan seperti daging merah, produk susu, produks gula juga dapat menyebabkan sembelit apabila dikonsumsi secara berlebih dan terus menerus. Ini karena makanan-makanan tersebut akan menimbulkan rasa sakit dan berpengaruh pada jahitan pasca operasi caesar.

5. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan juga harus ibu hindari pasca operasi. Hal ini karena kedua minuman tersebut memiliki sifat diuretik. Kelebihan kafein di dalam tubuh juga dapat memperngaruhi ASI yang akan diberikan pada anak.

6. Hindari mengangkat beban berat atau beraktivitas berat

Pantangan yang harus dihindari pasca operasi caesar yang selanjutnya adalah dengan menghindari mengangkat beban berat. Mengangkat beben berat pasca operasi dikhawatirkan akan membuat kondisi ibu menjadi lemah dan dapat memberikan dampak buruk pada bekas luka jahitan operasi.

7. Jangan stres

Terkadang ibu yang baru saja melahirkan sering mengalami baby blues, dimana kondisi ini bermula dari ketidaksiapan ibu dalam mengurus bayi yang rewel. Sehingga ibu menjadi stres. stres ini harus dihindari, karena dapat menyebabkan proses penyembuhan pada luka bekas operasi menjadi lebih lama.

8. Hindari penggunaan korset (gurita)

Karena ingin mengembalikan bentuk perut seperti semula, biasanya para ibu akan lansgung menggunakan korset atau gurita. Namun, pada ibu yang menjalankan operasi caesar sebaiknya jangan menggunakannya terlebih dahulu. Hal ini karena korset atau girita akan memberikan tekanan pada bekas luka jahitan di area perut yang belum kering. Sehingga dapat menyebabkan pelemahan otot perut serta prolaps pinggul.

9. Jangan hanya diam dan berbaring ditempat tidur

Pasca operasi memang sebaiknya ibu jangan terlalu banyak bergerak, namun hal ini bukan berarti ibu hanya bisa diam dan berbaring ditempat tidur. Karena kondisi tersebut dapat menyebabkan proses pemulihan yang cukup lama dan tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

10. Hindari mandi menggunakan air panas

Pantangan yang harus dihindari pasca operasi caesar yang terakhir adalah dengan menghindari mandi menggunakan air panas. Mandi dengan menggunakan air panas dapat memperlambat proses penyembuhan bekas luka operasi.

Itulah 10 pantangan yang harus di hindari pasca operasi caesar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda, khususnya bagi ibu yang baru saja menjalani operasi caesar.

Baca juga : Macam-macam Penyakit Mata dan Pengobatannya

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!