fbpx

12 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat

Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat. Bagi setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya memiliki daya pikir (kecerdasan/IQ) dan daya ingat yang kuat. Terutama saat masa sekolah. Meski demikian, ada baiknya jika orang tua harus mengoptimalkan kemampuan otak tersebut sejak dini. Hal ini karena perkembangan otak yang baik akan membantu anak memiliki daya ingat dan keterampilan yang baik pula. Begitu pun sebaliknya, saat perkembangan otak anak kurang baik, maka anak pun akan memiliki daya ingat yang lemah. Sehingga ia akan kesulitan dalam menghafal sesuatu.

12 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Daya Ingat

Untuk mencapai itu semua, biasanya asupan makanan merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi kecerdasan atau daya ingat itu sendiri. Baik saat anak dalam masih kandungan maupun saat anak sedang dalam masa pertumbuhan.

Berikut 12 makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat.

1. Salmon

Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat yang pertama adalah ikan salmon. Salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 (DHA dan EPA) terbaik dibanding dengan jenis ikan lainnya. Menurut hasil penelitian, orang yang gemar mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 akan lebih banyak mendapatkan hasil memuaskan saat ujian. Hal ini karena kemampuan berpikirnya yang lebih tajam.

Selain itu, salmon juga mengandung yodium. Dimana ini bermanfaat dalam membantu pembentukan sel-sel saraf, memelihara kesehatan mental, dan menjaga suasana hati (mood) agar tetap baik.

Seorang peneliti dr. Maria Abrg juga berpendapat bahwa asupan omega-3 juga bermanfaat untuk menjaga elastisitas otak. Menurutnya, elastisitas otak berkaitan erat dengan kemampuan otak dalam mengorganisasi hubungan antara sel didalamnya serta dapat mempengaruhi inteligensi. Termasuk tingkah laku, emosional, dan sosial pada seseorang.

2. Telur

Telur sudah sejak lama telur dipercaya ampuh sebagai makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat. Hal ini karena telur merupakan sumber protein. Terutama bagian kuning telur kaya akan kolin yang sangat penting untuk daya ingat (memori). Selain itu, harganya yang relatf murah dan terjangkau, membuat semua kalangan masyarakat bisa mengkonsumsinya.

3. Susu dan yogurt

Susu dan yogurt dipercaya ampuh sebagai salah satu makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat. Ini karena kandungan protein dan vitamin B yang terkandung didalamnya yang mampu meningkatkan pertumbuhan jaringan otak. Termasuk enzim dan neurotransmitter. Selain itu, susu dan yogurt juga dapat menjaga perut agar tetap kenyang lebih lama. Karena mengandung karbohidrat dan protein yang menjadikannya sebagai sumber energi bagi otak.

4. Oatmeel

Oatmeel merupakan jenis sereal yang populer dikalangan anak-anak. Selain rasanya yang enak, oatmeel juga merupakan sumber nutrisi penting bagi otak. Dengan demikian, otak juga akan terpenuhi kebutuhannya oleh serat pada oatmeel. Selain sebagi sumber nutrisi, oatmeel juga mengandung kalium, seng, vitamin E dan vitamin B. Dimana semua kandungan ini mampu menjaga tubuh dan otak agar berfungsi lebih optimal.

5. Daging sapi tanpa lemak

Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat yang lainnya adalah daging sapi tanpa lemak. Zat besi yang banyak terkandung pada daging sapi tanpa lemak. Mineral esensial ini penting dalam membantu anak tetap berkonsentrasi dan tetap memiliki energi ketika beraktivitas di luar rumah. Selain itu, daging sapi tanpa lemak juga dapat membantu anak dalam menjaga data ingat.

6. Sayuran berwarna

Selain sebagai daya tarik, sayuran berwarna seperti wortel, tomat, brokoli, kubis merah serta bayam juga sangat kaya akan antioksidan. Dimana ini dapat membuat sel-sel otak menjadi sehat. Namun sayangnya, anak-anak cenderung sulit untuk mengkonsumsi sayuran. Sehingga orang tua harus mengolahnya menjadi cake atau cemilan sehat lainnya.

Meski demikian, bukan berati sayuran hijau seperti bayam, sawi atau kale tidak mengandung manfaat. Anak tetap harus mengkonsumsi sayuran hijau juga. Karena semua sayuran tersebut mengandung antiksidan dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

7. Buah berry

Buah seperti stroberry, blackberry, blueberry serta raspberry juga mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan. Kandungan seperti antioksidan dan vitamin C yang tinggi yang ada pada buah berry juga berperan dalam mencegah adanya kanker.

Beberapa penelitian juga menunjukan bahwa ekstrak dari stroberry dan blueberry juga mampu meningkatkan daya ingat. Asam lemak omega-3 juga terdapat pada biji dari buah berry ini.

8. Bawang putih

Kandungan antioksidan yang ada pada bawang putih dipercaya dapat menjaga kesehatan seluruh sel tubuh termasuk sel otak.

9. Kunyit

Selain sebagai salah satu bumbu dapur, kunyit juga dikenal akan khasiat juga manfaatnya dalam menjaga kesehatan. Tidak terkecuali meningkatkan kecerdasan dan daya ingat. Hal ini karena kandungan kurkumin yang ada pada kunyit dipercaya mampu melawan perdangan pada jaringan otak.

10. Gandum

Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat yang selanjutnya adalah gandum. Beberapa penelitian menunjukan bahwa energi akan meningkatkan kekuatan otak. Dimana ini terbukti pada anak-anak sekolah yang selalu sarapan dengan gandum dapat meraih nilai lebih tinggi dalam tes daya ingat. Selain itu, mereka juga mampu menyelesaikan permasalah.

11. Kacang-kacangan

Selain dianjurkan bagi mereka yang sedang dalam proses penurunan berat badan (diet), kacang-kacangan juga merupakan sumber serat, mineral dan vitamin. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kacang-kacangan baik untuk otak. Karena asupan makanan ini dapat memberikan energi lebih lama dan membantu kemampuan berpikir anak-anak.

12. Beras merah

Makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat yang terakhir adalah beras merah. Selain baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung mineral seperti magnesium, berat merah juga mengandung vitamin B6. Dimana vitamin ini mampu meningkatkan fungsi sel otak anak.

Itulah 12 jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat. Semoga makanan-makanan tersebut  bisa anda gunakan sebagai acuan anda dalam menyediakan makanan sehari-hari bagi putra-putri anda . Khususnya bagi yang masih dalam masa pertumbuhan. Pilihlah makanan yang benar-benar baik untuk kecerdasan otak anak supaya si kecil makin cerdas seiring dengan perkembangan fisik dan mentalnya.

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!