fbpx

5 Cara Mengatasi Anemia Dengan Cepat dan Alami (No.3 Terbukti Ampuh)

Cara Mengatasi Anemia Dengan Cepat dan Alami. Anemia merupakan suatu kondisi, dimana tubuh kekurang sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Hemoglobin ialah protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah. Protein tersebut membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

5 Cara Mengatasi Anemia Dengan Cepat dan Alami (No.3 Terbukti Ampuh)

Namun saat tubuh mengalami anemia, maka tubuh tidak akan mendapatkan cukup darah yang kaya akan oksigen. Dengan demikian, saat kondisi ini terjadi biasanya penderita akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat beraktivitas secara normal.

Penyakit ini bisa berlangsung dalam waktu singkat maupun lama, dengan tingkat keparahan yang berbeda-beda, mulai dari ringan sampai berat. Dengan demikian, pengobatan yang diberikan pun berbeda-beda.

Di Indonesia, anemia termasuk jenis penyakit yang jumlah pengidapnya cukup tinggi. Hampir semua kalangan memiliki risiko terkait adanya anemia ini, mulai dari anak-anak, orang dewasa, bahkan wanita hamil pun bisa mengalaminya.

Gejala

Apa saja gejala anemia ?

Selain tubuh terasa letih dan lelah, anda beberapa gejala lain yang bisa menyertai saat tubuh mengalami anemia. Berikut gejala-gejalanya :

  • Nyeri dada
  • Sulit berkonsentrasi
  • Napas pendek
  • Kulit terlihat pucat atau kekuningan
  • Tangan dan kaki terasa dingin
  • Pusing berkunang-kunang
  • Detak jantung yang tidak beraturan (aritmia)
  • Sulit tidur (insomnia)
  • Kram pada kaki

Pada awalnya, gejala anemia sering kali tidak disadari oleh penderitanya. Hal ini karena gejala-gejalanya yang cenderung seperti penyakit lainnya. Gejala anemia akan terasa semakin terasa jika kondisi penderitanya semakin menurun. Namun saat penderita merasakan gejala-gejala diatas, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter yang terkait. Hal ini guna memastikan dan tubuh segera mendapatkan penanganan.

Penyebab dan cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami

Apa penyebab anemia ?

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, anemia bisa terjadi saat tubuh mengalami kekurangan sel darah merah sehat yang mengandung hemoglobin. Akan tetapi, ada banyak faktor lainnya yang dapat memicu terjadinya anemia, dan untuk membedakannya terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu :

  1. Tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah
  2. Terjadinya pendarahan yang menyebabkan tubuh kehilangan darah lebih cepat dibanding kemampuan tubuh untuk memproduksi darah
  3. Kelainan pada reaksi tubuh dengan mengahncurkan sel adrah merah yang sehat.

Berikut jenis-jenis anemia berdasarkan penyababnya, di antaranya :

  • Anemia akibat kekurangan zat besi

    Anemia jenis ini merupakan jenis anemia yang paling sering terjadi di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh mengalami anemia, dikarenakan sumsum tulang membutuhkan zat besi untuk membuat sel darah. Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh pendarahan menstruasi yang terlalu banyak, luka, kanker atau penggunaan obat pereda nyeri.

  • Anemia akibat kekurangan vitamin

    Selain sumsum tulang membutuhkan zat besi, tubuh juga memerlukan vitamin B12 dan asam folat untuk bisa membuat sel darah merah. Dengan demikian, saat tubuh kekurang kedua unsur tersebut, maka bisa menyebabkan terjadinya anemia. Pada beberapa kasus, anemia jenis ini disebabkan oleh organ lambung yang tidak bisa menyerap vitamin B12 dari makanan yang dicerna. Kondisi tersebut dinamakan anemia pernisiosa.

  • Anemia akibat penyakit kronis

    Selain kekurangan zat besi dan vitamin B12, anemia juga bisa terjadi akibat adanya penyakit kronis. Hal ini karena memungkinkan penyakit tersebut mempengaruhi proses pembentukan dan penghancuran sel adarh merah. Misalnya, penyakit HIV/AIDS, gangguan ginjal, peradangan kronis, kanker, rheumatoid arthitis arthritis, serta penyakit crohn.

  • Anemia aplastik

    Meski anemia jenis ini jarang terjadi, namun kondisi ini terbilang berbahaya bagi hidup penderitanya. Hal ini karena anemia aplastik tidak mampu memproduksi sel darah merah dengan optimal. Anemia aplastik disebabkan oleh infeksi, adanya efek samping dari obat-oabtan tertentu, penyakit autoimun, atau terkena paparan zat kimia beracun.

  • Anemia akibat penyakit sumsum tulang

    Beberapa penyakit seperti leukemia (kanker darah) atau mielofibrosis juga dapat mempengaruhi produksi sel darah merah pada sumsum tulang. Sehingga memicu terjadinya anemia.

  • Anemia hemolitik

    Anemia hemolitik terjadi pada saat sel darah merah dihancurkan oleh proses dan kecepatan penghancuran sel darah merah. Anemia jenis ini dapat diturunkan secara genetik atau bisa juga didapa setelah lahir.

  • Anemia sel sabit (sickle cell anemia)

    Anemia ini bersifat genetis dan disebabkan oleh bentuk hemoglobin yang tidak normal. Sehingga menyebabkan sel darah merah berbentuk seperti bulan sabit. Padahal, sel darah yang normal seharusnya berbentuk bulat bikonhaf. Sel darah merah yang berebtuk bulan sabit ini memiliki waktu hidup yang lebih singkat dibanding sel darah merah yang normal.

  • Anemia akibat hal lainnya

    Selain disebabkan oleh beberapa faktor diatas, anemia juga bisa disebabkan oleh thalassemia atau penyakit malaria.

Faktor risiko

Selain penyebab-penyebab diatas, ada beberapa orang yang memiliki risiko cukup tinggi terkait adanya anemia. Seperti :

  • Gangguan pencernaan pada usus
  • Mentruasi
  • Mengandung
  • Adanya riwayar dalam keluarga
  • Usia
  • Faktor lainnya, misalnya adanya kelainan pada darah.

Meski sebagian besar penderita anemia bisa kembali normal, namun tidak berarti anda bisa membiarkannya begitu saja. Karena saat kondisi penderitanya semakin menurun atau anemia tidak segera mendapatkan penanganan, maka bisa memicu adanya sejumlah komplikasi serius. Seperti : kelelahan berat, tubuh menjadi rentan terhadap infeksi, adanya gangguan pada kehamilan, gangguan jantung, bahkan kematian.

5 Cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami

Menginat dampaknya yang sangat fatal, bahkan bisa memicu kematian, maka anda pun harus tahu bagaimana cara mengatasi animia dengan cepat. Salah satunya dengan cara alami. Selain mudah didapat, anda juga tidak perlu merasa takut akan bahaya atau efek samping yang ditimbulkan. Karena sudah pasti AMAN.

Berikut 5 cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami.

1. Delima

Cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami yang pertama adalah dengan menggunakan delima. Delima merupakan salah satu jenis buah yang memiliki sumber nutrisi terbanyak di dalamnya. Seperti gula, lemak, karbohidrat, serat dan bahkan protein yang sangat tinggi. Selain itu, delima juga mengandung sejumlah vitamin, potasium serta tembaga, termasuk di dalam mineral dan kalsium.

2. Beras merah

Selain dikenal sebagai substituasi beras putih terbaik, khusunya bagi mereka yang sedang dalam program penurunan berat badan. Dalam kandungan beras merah juga terdapat banyak zat besi. Sehingga bisa menjadi salah satu cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami.

3. Hati ayam

Hati ayam mengandung zat besi yang super tinggi. Dimana kandungan tersebut mampu menjadi salah satu cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami. Tidak hanya mampu mengatasi kurang darah (anemia), hati ayam ini juga mampu memberikan stamina yang lebih pada tubuh penderitanya. Sehingga mampu mencegah terjadinya badan lemas atau letih. Anda cukup mengkonsumsi hati ayam sebanyak 2x kalam sehari.

4. Bayam

Sayuran hijau ini kaya akan vitamin A, B9, E, C, zat besi, serat dan beta karoten. Dalam setengah cangkir bayam yang telah disebus mengandung 3,2 mg zat besi. Sehingga bisa menjadi salah satu cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami. Selain itu bayam juga menyumbang sekitar 20% dari zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terutama bagi wanita hamil.

5. Kacang merah

Cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami yang terakhir adalah dengan memperbanyak konsumsi kacang merah. Kacang merah mengandung 5,2 mg zat besi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Dalam kacang merah juga kaya akan sumber serat, vitamin C dan protein. Sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai 5 cara mengatasi anemia dengan cepat dan alami. Semoga dengan adanya artikel ini dapay membantu anda dalam mengatasi penyakit anemia yang sedang anda alami saat ini.

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!