fbpx

8 Cara Mengobati Penyakit Gondok Tanpa Operasi – 100% ALAMI

Cara Mengobati Penyakit Gondok Tanpa Operasi – Penyakit gondok adalah suatu kondisi yang terjadi pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid ialah organ yang berbentuk menyerupai kupu-kupu yang letaknya dibawah jakun. Fungsi utama kelnjar toroid adalah untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Pada kondisi normal, kinerja kelenjar tiroid cenderung tidak kita sadari sama seperti organ-organ dalam yang lain. Namun, saat kelenjar tiroid mengalami pembengkakan, kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher. Dimana benjolan bisa turun maupun naik saat anda menelan. Ukuran benjolan pada penyakit gondok ini bervariasi pada setiap orangnnya.

8 Cara Mengobati Penyakit Gondok Tanpa Operasi - 100% ALAMI

Pada sebagian besar penderita gondok tidak mengalami gejala apapun selain adanya benjolan pada leher. Namun meski demikian, ada beberapa penderita yang bisa disertai dengan gejala lainnya. Seperti batuk-batuk, leher terasa tercekik, suara menjadi serak, susah menelan, serta sulitnya bernapas.

Jenis-jenis penyakit gondok

Terdapat dua jenis gondok, yaitu gondok difus dan nodul. Pengelompokan ini berdasarkan tekstur benjolannya. Benjolan pada gondok difus terasa mulus saat disentuh. Sementara pada gondok nodul, benjolan terasa tidak rata dan bergumpal. Permukaan yang tidak rata tersebut disebabkan oleh adanya satu atau lebih benjolan berukuran kecil atau apabila terdapat cairan dalam benjolan.

Penyebab gondok

Meski gondok merupakan penyakit yang sering terjadinya dimasyarakat, namuan sayangnnya belum bisa dipastikan apa penyebab utama adanya gondok ini. Tetapi ada beberapa faktor yang bisa memicu adanya penyakit ini. Seperti :

  • Hipertiroidisme dan hipotiroidisme. Penyakit gondok dapat terjadi karena kinerja kelenjar tiroid yang berlebihan (hipertiroidisme) atau menurun (hipotiroidisme). Keduanya akan memicu pembengkakan kelenjar tiroid.
  • Kekurangan yodium. Yodium dibutuhkan kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid. Zat ini dapat ditemukan dalam ikan, tiram, rumput laut, sereal, biji-bijian, serta susu sapi. Karena kekurangan yodium, kinerja kelenjar tiroid akan menurun dan mengalami pembengkakan.
  • Perubahan hormon karena pubertas, kehamilan atau monopause.
  • Paparan sinar radiasi, misalnya radioterapi.
  • Adanya pengaruh dari kanker tiroid.
  • Merokok.
  • Keberadaan nodul dalam kelenjar tiroid.
  • Inflamasi kelenjar tiroid akibat infeksi virus, bakteri, atau pengaruh dari obat-obatan tertentu.
  • Selain itu, wanita juga memiliki risiko yang lebih besar mengalami gangguan tiroid dibanding pria.

Faktor risiko

Pada dasarnya penyakit gondok bisa terjadi pada siapa saja. Namun ada beberapa orang yang memiliki risiko tinggi terkait adanya gondok ini. Seperti :

  • Usia diatas 40 tahun.
  • Adanya riwayat dari keluarga.
  • Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, terutama yang mengandung litium.

Apabila gondok tidak segera ditangani dengan baik, maka gondok dapat menyebabkan adanya komplikasi serius. Seperti, penekanan pita suara, sepsis, nyeri, pendarahan, kematian jaringan, bahkan limfoma.

8 Cara Mengobati Penyakit Gondok Tanpa Operasi – 100% ALAMI

  • Bawang putih

Cara mengobati penyakit gondok tanpa operasi yang pertama adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih kaya akan antioksidan dan mengandung banyak senyawa yang bersifat anti-inflamasi. Dimana kandungan ini mampu mengurangi pembengkakan dan mendorong produksi glutathione, molekul yang membantu menjaga kelenjar tiroid tetap sehat. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu mengunyah 3-4 siung bawang putih mentah di pagi hari.

  • Jus Wortel dan Jus Nanas

Kombinasi jus ini tidak hanya nikmat namun juga memiliki khasiat cara mencegah gondok sekaligus cara mengobati penyakit gondok. Dalam wortel mengandung beta karoten untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan gondok. Sedangkan jus nanas mengandung bromelain dengan sifat anti inflamasi yang sangat penting untuk menyembuhkan gondok.

Caranya, siapkan wortel yang telah dikupas bersih dan juga nanas dengan perbandingan 1 : 1. Lalu blender sampai halus. Minum jus secara rutin juga teratur.

  • Belimbing wuluh

Jika biasanya anda menggunakan belimbing sebagai campuran dalam pembuatan lauk makan. Namun kali ini anda bisa menggunakan belimbing wuluh ini sebagai salah satu cara mengobati penyakit gondok tanpa operasi. Caranya, siapkan beberapa buah belimbing wuluh dan bawang merah. Lalu haluskan campuran belimbing wuluh dan bawang merah. Jika sudah balurkan ramuan tersebut pada leher yang mengalami pembengkakan (bengkak). Lakukan hal yang sama secara ritin dan teratur sampai bengkak (gondok) hilang.

  • Daun sirsak

Selain dikenal sebagai obat kanker, daun sirsak juga bisa anda manfaatkan sebagai salah satu cara mengobati gondok tanpa operasi. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sirsak dan beberapa lembar daun keladi tikus (yang sudah dikeringkan), lalu tumbuk hingga halus.

Setelah halus campurkan hasil tumbukan dengan 2 sdm minyak zaitun dan sedih dengan menggunakan 1 gelas air mendidih. Aduk hingga rata dan minum air ramuan sebanyak 3x dalam sehari. Untuk menghilangkan rasa pahit yang terkandung dalam ramuan, anda bisa menambahkan sedikit madu murni kedalamnya.

  • Baking Soda

Cara mengobati penyakit gondok tanpa operasi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik digunakan untuk mengurangi pembengkakan pada gejala gondok. Sedangkan sifat alkalin dalam baking soda bisa menghambat pertumbuhan virus penyebab gondok sekaligus menyembuhkan lebih cepat.

Caranya, campur baking soda secukupnya dengan air hingga membentuk adonan pasta. Lalu balurkan pada leher dan diamkan selama 2 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari selama seminggu.

  • Daun sorrel

Daun sorrel mengandung banyak mineral, seperti sodium yang mampu membantu anda dalam mencegah sekaligus mengobati penyakit gondok tanpa operasi. Caranya, siapkan beberapa lembar daun sorrel. Cuci terlebih dahulu daun hingga bersih. Kemudian, tumbuh daun sorrel hingga halus.

Setelah itu campurkan daun sorrel dengan minyak zaitun. adik hingga rata, lalu balurkan pada leher yang mengalami pembengkakan (gondok). Diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah bilas dengan mengunakan air dan keringkan. Lakukan hal yang sama secara rutin juga teratur, sampai gondok hlang.

  • Selada air

Selada air kaya akan kandungan yodium, sulfur, germanium, vitamin B17, serta antioksidan. Dengan kandungan-kandungan tersebut sudah bisa dipastikan sangat ampuh dalam mengobati penyakit gondok. Caranya, haluskan selada air sebanyak 2 sdm. Jika sudah balurkan pada leher yang mengalami pembengkakan dan biarkan selama 15-20 menit. Lalu bilas dengan air dan lap sampai kering. lakukan hal yang sama setiap hari hingga gondok hilang.

  • Lidah Buaya

Selain mampu menjaga kesehatan kulit, lidah buaya juga sangat baik digunakan untuk mengobati gondok pada leher. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antibiotik, anti virus dan anti inflamasi. Dimana hal ini mengurangi  rasa sakit dan pembengkakan karena gondok.

Caranya, pisahkan gel lidah buaya dari kulitnya, lalu campur dengan 1 sendok teh kunyit. Setelah itu, balurkan pada gondok di leher dan diamkan selama 25 menit lalu bersihkan. Agar hasilnya bisa cepat, gunakan cara ini sebanyak 3 kali seminggu secara teratur.

Itulah 8 cara mengobati penyakit gondok tanpa operasi. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengobati penyakit gondok yang sedang anda alami.

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!