fbpx

12 Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami Pada Anak dan Dewasa

12 Cara mengobati pneumonia secara alami. Paru-paru merupakan salah satu sistem pernapasan dalam tubuh yang berfungsi untuk menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Namun sayangnya masih banyak orang yang kurang menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan. Dimana hal ini menyebabkan adanya berbagai gangguan pada paru-paru dalam tubuh. Salah satunya pneumonia.

12 Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami Pada Anak dan Dewasa

Apa itu pneumonia ?

Pneumonia adalah salah satu penyakit infeksi yang menyerang paru-paru. Sehingga menyebabkan kantung udara di dalam paru-paru mengalami peradangan dan membengkak. Di Indonesia, penyakit ini sering juga disebut dengan penyakit paru-paru basah. Hal ini karena paru-paru bisa saja dipenuhi dengan air atau cairan lendir. Sehingga menyebabkan paru-paru lembab atau basah.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Namun saat pneumonia menyerang anak-anak, maka bahayanya pun akan semakin besar bahkan bisa menyebabkan kematian.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa pada tahun 2015, penyakit pneumonia adalah penyabab kematian 16% balita di seluruh dunia. Sementara di Indonesia sendiri, pada tahun 2013 pneumonia diperkirakan telah merenggut sekitar 25 ribu jiwa balita. Dan belum termasuk pada orang dewasa.

Gejala

Apa saja gejala pneumonia ?

Penyakit pneumonia sering pula disebut dengan bronkopneumonia, pneumonia bilateral, dan pneumonia lobular. Ada beberapa gejala yang sering muncul saat tubuh terserang penumonia. Berikut di antaranya :

  • Demam
  • Sakit pada dada
  • Berkeringat
  • Sulit bernapas
  • Mengigil
  • Batuk secara terus-menurus, dan terkadang disertai dengan lendir (dahak)
  • Irama atau detak jantung yang terasa cepat
  • Hilangnnya nafsu makan

Selain beberapa gejala diatas, kemungkinan ada gejala lainnya yang tidak disebutkan. Untuk memastikannya, anda bisa melakukan pemeriksaan pada dokter anda.

Penyebab dan jenis-jenis

Pneumonia termasuk jenis penyakit yang sangat mudah dalam penularannya. Seseorang yang terserang penyakit ini umumnya tertular melalui udara atau percikan air liur penderita saat bersin atau batuk.

Seseorang memiliki risiko yang lebih besar lagi saat memiliki faktor berikut.

  • Adanya riwayat pnemonia dalam keluarga
  • Sedang dirawat di rumah sakit
  • Lansia yang memasuki usia 65 tahun ke atas
  • Bayi yang berusia dibawah 2 tahun
  • Merokok
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah
  • Pernah mengalami atau memiliki riwayat penyakit kronis sebelumnya. Misalnya stoke, diabetes, asma, jantung atau HIV/AIDS.

Jenis-jenis

Penyakit pneumonia bisa dibedakan bedasarkan penyebab, lokasi terjangkitnya, dan cara penularannya.

Berdasarkan penyebabnya, penyakit pneumonia dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis. Seperti :

  • Pneumonia bakterial. Bakteri yang paling sering menyebabkan pneumonia adalah streptococcus pneumoniae, Chlamydophlla pneumonia dan Legionella pneumophila.
  • Pnemonia virus. Virus menjadi penyebab terbesar dari penyakit pneumonia pada anak. Umumnya gangguan ini tidak telalu serius dan hanya terjadi dalan waktu singkat dibanding dengan pneumonia yang disebabkan oleh bakteri.
  • Pneumonia mycoplasma. Mycoplasma adalah organisme yang bukan berasal dari virus maupun bakteri. Tetapi dapat mengakibatkan gangguan yang sama. Umumnya, pneumonia jenis ini banyak dialami oleh anak-anak yang sudah beranjak remaja.
  • Pneumonia jamur. Pneumonia ini sering kali menyerang pasien yang mengalami penyakit kronis atau yang memiliki sistem imun yang lemah. Umumnya jamur ini berasal dari tanah.

Berdasarkan lokasi terjangkitnya, penyakit pneumonia terbagi menjadi dua jenis. Yaitu :

  • Pneumonia nasokomial. Gangguan ini berarti anda terserang penyakit pneumonia ketika berada di rumah sakit. Penyakit ini dianggap lebih berbahaya dibanding dengan kondisi pneumonia lainnya. Hal ini karena bakteri yang menginfeksi cendrung sudah kebal dengan antibiotik.
  • Pnemonia komuniti. Gangguan ini sama dengan penyakit infeksi yang didapatkan dari lingkungan sekitar.

Berdasarkan cara penularannya, penyakit pneumonia ini terbagi menjadi dua jenis. Yaitu :

  • Pneumonia aspirasi. Penyakit ini terjadi ketika makanan, air, air liur, bahkan asam lambung masuk ke dalam saluran paru-paru. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang mengalami gangguan saat mengunyah, gangguan sistem saraf, atau saat berada dibawah pengaruh alkohol.
  • Pneumonia akibat ventilator. Penyakit infeksi ini di dapat setelah menggunakan ventilator.

Penyakit pneumonia tidak bisa dianggap sepele. Karena jika infeksi tidak segera ditangani dengan tepat dan cepat, maka akan menyebabkan sejumlah komplikasi. Seperti komplikasi bakterimia, luka pada organ paru, efusi pleura, bahkan infeksi pada salah satu bagian jantung.

12 Cara Mengobati Pneumonia Secara Alami Pada Anak dan Dewasa

Mengingat dampak yang ditimbulkan sangat serius. Maka ada baiknya jika anda segera melakukan tindakan pengobatan. Salah satunya dengan cara alami.

Berikut cara mengobati pneumonia secara alami. Di antaranya :

1. Teh hitam

Cara mengobati pneumonia secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan teh hitam. Seseorang yang mengalami pneumonia sebaiknya menghindari makanan atau minuman yang mengandung susu. Dan menggantinya dengan meminum teh hitam. Hal ini karena teh hitam merupakan obat terbaik untuk mereka yang mengalami radang patu-paru atau pneumonia.

2. Daun kemangi

Jika biasanya anda menjadikan daun kemangi sebagai lalapan. Namun kali ini anda juga bisa menjadikan daun kemangi sebagai salah satu cara mengobati pneumonia secara alami. Hal ini karena tanaman yang memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum ini terbukti mampu mengatasi peradangan akibat pneumonia. Anda hanya perlu mengkonsumsi daun kemangi sebanyak tiga kali sehari.

3. Madu

Madu sering kali disebut sebagai obat alami serima manfaat. Hal ini karena kandungan atau senyawa yang ada pada madu memang terbukti ampuh dalam mencegah maupun mengobati berbagai jenis penyakit. Tidak terkecuali sebagai salah satu cara mengobati pneumonia secara alami. Anda hanya perlu mengkonsumsi madu secara rutin setiap harinya.

4. Kunyit

Selain sebagai rempah atau bumbu masakan, kunyit juga dikenal sebagai obat alami dalam mencegah maupun mengobati berbagai jenis penyakit. Termasuk juga sebagai salah satu cara mengobati pneumonia secara alami. Kunyit mengandung zat antioksidan yang sangat kuat. Sehingga tidak heran jika kunyit mampu megobati berbagai jenis penyakit.

5. Daun sirsak

Daun sirsak mengandung zat bernama acetogenins, yang merupakan senyawa anti-kanker yang sangat ampuh. Bahkan kemampuan zat ini mempunyai 10.000 kali lebih ampuh dalam menumpas berbagai jenis kanker dibanding dengan mengobatan kemoterapi. Nah, dengan kandungan inilah yang membuktikan bahwa daun sirsak juga mampu mengobati penyakit pneumonia secara alami.

6. Ciplukan

Ciplukan mengandung alkaloid, asam palmiat, vitamin C, tanin, kriptoxantin, asam chorogenik, asam sitrun, asam malat dan gula. Dimana kandungan-kandungan tersebut bersifat anti-bakteri, anti-virus, dan antioksidan. Sehingga mampu membantu proses penyembuhan penyakit pneumonia secara alami. Anda hanya perlu mengkonsumsi air rebusan dari daun, buah dan akan ciplukan secara rutin dan teratur.

7. Perbanyak buah atau sayuran yang mengandung vitamin C

Vitamin C yang terdapat pada buah atau sayuran sangat dianjurkan bagi penderita pneumonia. Karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhnya.

8. Wortel

Cara mengobati pnemonia yang selanjutnya adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi wortel. Ya selain baik untuk kesehaan mata, dengan mengkonsumsi segelas jus wortel setiap harinya sangat baik untuk penderita pneumonia. Hal ini disebabkan oleh adanya pengaruh dari vitamin A yang terkandung dalam wortel yang dibutuhkan oleh tubuh.

9. Jahe

Kandungan antioksidan yang ada pada jehe juga memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis serangan penyakit. Selain itu, sifat jahe yang dapat memberikan kehangatan pada tubuh, juga dapat melegakan dan menangani gangguan pernapasan. Anda hanya perlu memarut jahe, kemudian campurkan parutan jahe dengan segelas air hangat. Lalu minum air ramuan, tapi minum ramuan ini sebelum makan atau perut dalam keadaan kosong.

10. Kulit manggis

Kulit manggis memang dikenal sebagai obat alami yang telah terbukti akan khasiatnya. Salah satunya dalam mengobati pneumonia secara alami. Ini karena kulit manggis mengandung senyawa atau zat yang bernama xanthone. Dimana senyawa ini bersifat antioksidan, anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakteri yang mampu mengobati berbagai jenis penyakit.

11. Bawang putih

Bawang putih atau yang memiliki nama ilmiah Allium sativum ini memang sering dijadikan sebagai bumbu dapur. Namun senyawa anti-biotik dan antioksidan yang ada pada bawang putih, dipercaya sebagai salah satu cara mengobati pnemonia secara alami. Ini karena bawang putih mampu memusnahkan bakteri dan virus yang menyerang paru-paru. Anda hanya perlu mengkonsumsi bawang putih secara langsung secara rutin dan teratur setiap harinya. Maka pneumonia yang anda alami pun akan hilang.

12. Daun pegagan

Cara mengobati pneumonia secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan daun pegagan. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Centella asiatica ini mengandung asaiticoside, tanin, kalium, magnesium, kalsium dan lainnya. Dimana dengan kandungan-kandungan tersebut, dipercaya mampu mengobati pneumonia secara alami.

Itulah 12 cara mengobati pneumonia secara alami. Semoga dengan adanya informasi ini, dapat membantu anda dalam mengobati pneumonia yang sedang anda atau anak anda alami. Semoga lekas sembuh…

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!