fbpx

Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Lupus Secara Alami dan Efektif – Terbukti Ampuh

Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Lupus Secara Alami dan Efektif - Terbukti Ampuh

Gejala dan cara mengobati penyakit lupus secara alami – Penyakit lupus atau disebut juga dengan penyakit autoimun adalah peradangan (inflamasi) kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekabalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh itu sendiri. Penyakit ini dapat menyerang bagian tubuh mana saja, seperti kulit, sendi, ginjal, sel darah, paru-paru, jantung, otak, bahkan sumsum tulang belakang.

Jika pada normalnya sistem imun akan melindungi tubuh dari infeksi. Namun pada kasus ini, sistem imun justru menyerang tubuh sendiri. Sampai saat ini, penyakit lupus diduga lebih banyak menyerang wanita dibanding dengan pria. Hal ini karena lupus dipengaruhi oleh beberapa faktor genetik dan juga lingkungan.

Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), memperkirakan sekitar 5 juta orang di dunia terdeteksi menderita lupus, dan lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya.

Meski penyakit lupus terbilang penyakit baru, namun bahayanya sama mematikannya dengan kanker. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengidap lupus yang tidak bisa tertolong lagi nyawanya. Pada awalnya penderita penyakit ini dikira hanya memiliki kelainan kulit, berupa bercak kemerahan disekitar hidung dan pipi. Namun lama-kelamaan bercak tersebut menyebar pada seluruh area wajah dan juga lengan. Saat kondisi ini berlangsung, biasa penderita akan disertai dengan adanya rasa panas, rasa lelah berkepanjangan, rontoknya rambut, terjadinya pembengkakan sendi dan munculnya sariawan.

Jenis-jenis lupus

Ada beberapa jenis penyakit lupus, di antaranya :

  1. Lupus eritematosus sistemik (systemic lupus erythematosus/SLE)

    Lupus ini merupakan jenis penyakit lupus yang paling sering terjadi, dimana bisa terjadi secara menyeluruh (sistemik) pada tubuh. Dinamakan lupus sistemik dikarenakan bisa terjadi pada berbagai organ, terutama sendi, ginjal, dan kulit.

  2. Lupus eritematosus kutaneus (cutaneous lupus erythematosus/CLE)

    Lupus ini merupakan manifestasi lupus pada kulit yang dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari SLE. CLE dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu acute cutaneous lupus erythematosus (ACLE), subacute cutaneous lupus erythematosus (SCLE), dan chronic cutaneous lupus erythematosus (CCLE).

  3. Lupus akibat penggunaan obat (efek samping)

    Ada beberapa jenis obat yang dapat menimbulkan gejala yang terlihat mirip dengan gejala lupus, pada orang yang tidak menderita SLE. Akan tetapi jenis lupus ini bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan setelah berhenti mengonsumsi obat yang memicu gejala lupus tersebut. Beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan lupus jenis ini, antara lain metildopa, procainamide, D-penicillamine (obat untuk mengatasi keracunan logam berat), serta minocycline (obat jerawat).

  4. Lupus Eritematosus Neonatal

    Lupus eritematosus neonatal merupakan jenis lupus yang terjadi pada bayi baru lahir. Lupus neonatal diakibatkan oleh autoantibodi, yaitu anti-Ro, anti-La, dan anti-RNP. Ibu yang melahirkan anak yang menderita lupus eritematosus neonatal belum tentu mengidap lupus. Biasanya lupus eritematosus neonatal hanya terjadi pada kulit dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun tidak menutup kemungkinan lupus neonatal dapat menyebabkan congenital heart block, yaitu gangguan irama jantung pada bayi baru lahir.

Gejala dan cara mengobati penyakit lupus secara alami

Apa saja gejala penyakit lupus ?

Gejala penyakit lupus berbeda-beda, tergantung dengan jenis dan tempat terjadinya. Berikut gejala umum yang sering terjadi pada penyakit lupus. Di antaranya :

  • Rasa lelah yang ekstrem
  • Ruam merah pada kulit
  • Nyeri pada persendian
  • Rontoknya rambut

Selain gejala-gejala diatas, masih ada gejala lainnya yang mungkin bisa muncul pada penderita. Untuk memastikannya, anda bisa melakukan pemeriksaan pada dokter.

Penyebab

Apa penyebab penyakit lupus ?

Meski sampai saat ini penyebab lupus belum bisa dipastikan dengan spesifik. Namun interaksi faktor genetik, lingkungan dan hormonal diduga menjadi penyebab terjadinya lupus tersebut.

Cara mengobati penyakit lupus secara alami

Setelah kita mengetahui gejala dan penyebab terjadinya penyakit lupus, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara mengobati penyakit lupus secara alami. Pengobatan alami biasanya digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan demi menghindari adanya efek samping yang membahayakan kesehatan tubuh, terutama pada anak atau balita.
Berikut cara mengobati penyakit lupus secara alami. Antara lain :

Daun cocor bebek

Cara mengobati penyakit lupus secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan daun cocor bebek. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Bryophyllum pinnatum ini banyak tumbuh di kawasan-kawasan tropis, termasuk Indonesia. Daun cocor bebek banyak mengandung asam malat, damar, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat dan tanin, vitamin A, tanin asam lemon dan asam apel. Dimana senyawa atau zat-zat tersebut sangat efekstif dalam mengobati penyakit lupus secara alami.
Cara pengolahan :

  • Siapkan beberapa lembar daun cocor bebek segar
  • Cuci daun cocor bebek hingga bersih
  • Setelah itu, rebus daun cocor bebek (untuk air diseseuaikan dengan banyaknya daun). Tunggu hingga air mendidih dan daunnya melunak
  • Jika sudah, angkat dan saring air rebusan
  • Minum air rebusan dalam keadaan sudah dingin
  • Lakukan cara ini secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Daun belimbing wuluh

Jika biasanya belimbing wuluh hanya dijadikan sebagai campuran dalam masakan. Namun kali ini anda bisa menggunakan belimbing wuluh sebagai salah satu cara mengobati penyakit lupus secara alami. Hal ini karena adanya senyawa-senyawa alami yang terkandung didalmnya, diantaranya saponin, vitamin C, tannin, kalsium, dan glukosida. Namun, bagian yang bisa anda gunakan adalah daun belimbing wuluhnya.
Cara pengolahan :

  • Siapkan daun belimbing wuluh yang masih segar secukupnya
  • Lalu cuci daun hingga bersih
  • Setelah itu, rebus menggunakan air dan tunggu hingga air mendidih
  • Jika sudah, angkat dan saring air rebusan
  • Minum air rebusan secara rutin dan juga teratur
  • Selain dengan direbus, anda juga bisa mengolahnya menjadi minuman jus, dengan menambahkan sedikit campuran madu.

Jahe

Selain jahe mampu menghangatkan tubuh dalam cuaca dingin. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Zingiber officinale ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara mengobati penyakit lupus secara alami. Hal ini karena senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang terkandung didalamnya. Mampu mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi akibat penyakit lupus tersebut.
Cara pengolahan :

  • Siapakan 1 inci akar jahe segar, buah dan sayuran segar
  • Kemudian haluskan semua bahan dengan cara diblender
  • Jika sudah, minum jus tersebut secara rutin dan teratur.

Kunyit

Cara mengobati penyakit lupus secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan kunyit. Kandungan kurkumin aktif di dalam kunyit sangat efekstig dalam mencegah serta mengobati masalah autoimun, termasuk penyakit lupus.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Renal Nutrition pada tahun 2012. D  isebutkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi hematuria, proteinuria serta tekanan darah sistolik pada pasien penderita refractory lupus nephritis.
Cara pengolahan :

  • Siapkan 1 gelas usus dan 1 sendok kunyit dalam keadaan sudah bubuk atau halus
  • Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut
  • Untuk menambahkan rasa, anda bisa bisa menambahkan sedikit madu ke dalamnya
  • Aduk hingga rata dan minum air rebusa sebanyak 2x dalam sehari
  • Lakukan cara yang sama secara rutin dan teratur.

Itulah gejala dan cara mengobati penyakit lupus secara alami. Semoga bermanfaat…

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!