fbpx

Penyebab dan Cara Mengatasi Mengi Pada Bayi Tanpa Obat – 100% Aman

Cara Mengatasi Mengi Pada Bayi Tanpa Obat – Mengi merupakan istilah lain untuk menggambarkan suara bernada tinggi saat bernapas. Suara ini biasanya terdengar saat kita menarik dan menghembuskan napas terkesan mendesah atau mengeluarkan bunyi. Mengi bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada bayi.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mengi Pada Bayi Tanpa Obat - 100% Aman

Mengi pada bayi biasanya terjadi saat bayi terserang penyakit atau gangguan pernapasan. Dimana hal ini menyebabkan saluran pernapasan pada bayi menjadi lebih mudah dipenuhi lendir dibanding dengan balita, anak-anak atau orang dewasa.

Penyebab dan cara mengatasi mengi pada anak tanpa obat

Apa penyebab mengi pada bayi ?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Mengi biasanya terjadi saat bayi mengalami gangguan atau karena adanya penyakit yang menyerang saluran saluran pernapasannya. Berikut beberapa penyakit atau gangguan yang sering menyerang bayi, sehingga menyebabkan adanya mengi. Antara lain :

Bronchiolitis

Penyakit ini disebabkan oleh inveksi respiratory syncytial virus (RSV). Dimana virus ini menyebabkan saluran pernapasan kecil atau disebut dengan bronkiolus mengalami pembengkakan. Sehingga bayi kesulitan bernapas. Kondisi ini harus segera diobati. Hal ini karena bronchiolitis berkaitan dengan sistem pernapasan bayi.

Bronchiolitis umumnya ditandai dengan munculnya mengi, napas yang terlelu cepat, batuk serta demam tinggi. Penyakit ini biasanya menyerang pada bayi yang berusia dibawah 24 bulan.

Pilek biasa

Pilek merupakan kondisi yang sangat sering terjadi dimasyarakat, terutama pada anak/bayi. Pilek pada anak biasanya akan sembuh dalam waktu 3 minggu. Namun saat pilek tersebut lebih dari waktu tersebut, disarankan agar anda segera berkonsultasikannya dengan dokter. Hal ini karena bisa saja pilek tersebut merupakan sebuah gejala awal dari adanya penyakit yang akan menyerang anak/bayi.

Asma

Meski kebanyakan penderita sama adalah mereka yang telah berusia dewasa atau remaja. Namun tidak menutup kemungkinan bayi pun bisa mengalaminya. Asma merupakan penyakit pernapasan kronis yang menyebabkan saluran pernapasan membengkak, menyempit dan memproduksi banyak lendir.

Perlu diingat. Tidak setiap mengi bisa dihubungkan dengan gejala asma. Sekitar 30% bayi baru lahir yang mengalami batuk disertai mengi dan pilek, yang bukan merupakan asma.

Bayi yang mengalami mengi yang disebabkan oleh asma, umumnya terjadi secara berulang-ulang. Dengan kata lain, mengi tersebut kambuh dengan frekuensi waktu yang cukup sering.

Selain beberapa faktor diatas, bayi yang sering terkena paparan polusi udara. Seperti asap rokok, asap kendaraan, asap pabrik/industri atau debu juga bisa menyebabkan bayi mengalami mengi. Hal ini karena udara atau oksigen yang mereka hidup telah terkontaminasi oleh zat berbahaya dan masuk kedalam saluran pernapasan.

Cara mengatasi mengi pada bayi tanpa obat

Mengingat mengi merupakan gangguan atau suatu kondisi yang berkaitan dengan sistem pernapasan. Maka anda sebagai orang tua pun wajib mengetahui apa yang harus dilakukan saat bayi/anak mengalami mengi.

Berikut beberapa cara mengatasi mengi pada bayi tanpa obat saat bayi mengalami mengi. Di antaranya :

  • Melonggarkan pakaian atau menggunakan pakaian yang tidak terlalu pas dengan tubuh bayi.
  • Memindahkan bayi ke tempat yang lebih nyaman dan bayi bisa mendapatkan udara atau oksigen yang lebih baik.
  • Posisikan bayi dalam posisi duduk atau setengah duduk (bisa dalam pangkuan anda).
  • Mengoleskan minyak telon pada dada bayi.
  • Mandikan dengan menggunakan air hangat.
  • Jauhkan anak dari paparan polusi udara, misalnya dari asap rokok.
  • Sering membersihkan peralatan atau barang dirumah, misalnya karpet atau lantai.
  • Memasang ventilasi udara yang baik.
  • Sering membersihkan atau menjemur tempat tidur bayi, agar tungu debu hilang.
  • Batasi penggunaan AC pada bayi.
  • Jauhkan bayi dari binatang-binatang yang bisa membawa debu, seperti kucing atau anjing.

Itulah penyebab dan cara mengatasi mengi pada bayi tanpa obat. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu anda dalam mengatasi mengi atau sesak napas yang bayi anda sedang alami. Semoga bermanfaat…

Baca juga :

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!